Categories
Artikel

Maraknya Profesi Copywriter di Tahun 2020

Moza Saffanah Andi Putri | Business Administration

Kuala Lumpur, 6 November 2020.

 

Apakah kamu sudah pernah dengar kata copywriting? Proses atau teknik menulis copy ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang yang memiliki interest di bidang marketing dan digital agency!

Maraknya pemasaran melalui media online, profesi sebagai copywriter telah mendapat banyak permintaan di berbagai perusahaan besar Indonesia, loh! Bahkan, profesi copywriter sendiri terbilang cukup esensial dalam mempromosikan suatu produk atau jasa sebuah perusahaan.

 

Copywriter itu tugasnya nulis doang, ya?”

Tentu tidak! Seorang copywriter juga bertugas untuk menciptakan ide baru dan inovatif dan mengembangkannya menjadi sebuah tulisan yang menarik (headline, tagline dan call to action), membuat jingle sebuah produk (contohnya seperti jingle Sari Roti yang biasa kita dengar di daerah sekitar perumahan) hingga menyesuaikan visual dengan copy.

 

Untuk menjadi seorang copywriter juga dibutuhkan beberapa skills, loh! 

Seorang copywriter harus memiliki jiwa menjual dan kreatif yang tinggi. Serta paham akan anatomi iklan cetak maupun online. Anatomi iklan cetak secara tradisional dan melalui media online pasti beda, loh! Anggap saja seperti menulis untuk sebuah koran harian dan menulis caption untuk sosial media yang kita gunakan sehari-hari.

 

Nah, menulis sebuah copy juga tidak boleh sembarangan. Seorang copywriter juga harus mengetahui target market mereka sehingga tulisan mereka tepat sasaran dan cukup menggugah para customer untuk membeli produk atau menggunakan sebuah jasa.

Bahasa yang digunakan dalam membuat sebuah copy juga penting. Dengan menggunakan bahasa yang sering kita gunakan sehari-hari dan tidak bertele-tele dapat meningkatkan ketertarikan customer akan produk atau jasa kita! Anggap saja seperti membaca iklan dengan bahasa yang terlalu formal, ditambah lagi menggunakan istilah-istilah yang sulit dimengerti. Mirip dengan membaca textbook kuliah, kan? 

 

Dikutip dari buku Building a Story Brand oleh Donald A. Miller, salah satu kunci kesuksesan sebuah produk atau jasa adalah dengan ‘menyederhanakan pesan agar pelanggan mendengar dan memahami’. 

Sebesar apapun biaya atau energi yang dikeluarkan untuk meningkatan penjualan sebuah produk atau jasa, tapi tidak ditunjang dengan pesan yang sederhana dan jelas, maka pelanggan bisa kehilangan minat, bahkan berpaling ke kompetitor lain!

 

Jadi, gimana? Sudah tertarik, belum, untuk menjadi seorang copywriter?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *